Monday 4 February 2013

LIMA HAL PENTING DALAM MEMBELI RUMAH


a. Lokasi 
Pemilihan lokasi merupakan prioritas yang patut anda pertimbangkan. lokasi rumah yang mudah dijangkau oleh sarana transportasi,
keadaan lingkungan  yang aman dan nyaman serta dekat dengan tempat bekerja, sekolah, pasar, rumah sakit, atau dengan kata lain rumah harus strategis membantu meningkatkan nilai jual anda nantinya pada masa mendatang.

b.Kualitas bangunan dan tata letaknya.
Faktor bangunan meliputi luas tanah beserta bangunannya, unsur-unsur bahan yang digunakan, desain, dan tata letak bangunan.
Unsur lain yang patut diperhatikan adalah fondasi, struktur bangunan, atap bangunan , dinding bangunan, jendela, lantai, langit2, instalasi kabel listrik instalasi kabel telepon, dan air.

c. Harga
Faktor harga rumah memang relatif, yakni tergantung pada kemampuan dan kebutuhan untuk membeli.

d. Prospek
Jika anda membeli rumah berarti juga melakukan investasi. Prospek rumah pada masa akan datang perlu diperhatikan secara cermat.
Prospek akan baik jika anda membeli rumah si suatu wilayah yang kelak akan berkembang sesuai dengan perencanaan kota.
Yang perlu anda perhatikan hindari membeli rumah di lahan yang bersengketa, rawan banjir, longsor, dan lokasi yang kena penggusuran.

e. Investasi 
Dalam membeli rumah ada orang yang bertujuan bukan untuk dihuni sendiri, melainkan juga untuk investasi, yakni disewakan atau dijual kembali.
Sebagai pedoman investasi, jika rumah yang akan disewakan yield value yang dapat diperoleh 3-5% pertahun dan potensi capital gain jika dijual 10-20%.
Di lokasi perumahan yang masih taraf pengembanagn dan berprospek capital gain-nya hingga 25%.s

0 comments:

Post a Comment