Thursday 7 February 2013

LANGKAH PENTING DALAM MEMBELI RUMAH


Berikut ini beberapa langkah penting yang perlu anda perhatikan dalam membeli rumah.

a. Mencari dan mengumpulkan informasi
Carilah informasi selengkap - lengkapnya mengenai rumah yang akan anda beli, yang meliputi status sertifikat, harga yang ditawarkan, serta luas tanah dan bangunan.

b. Melakukan perbandingan 

Lakukan perbandingan dengan rumah-rumah yang berada di sekitarnya dalam hal desain, bentuk arsitektur, dan kondisi lingkungan.

c. Mempelajari tren harga

Bandingkan harga ruamh yang berlaku pada saat ini, menurut jenis dari suatu wilayah rumah tersebut.
Dengan mengetahui harga pasaran rumah, akan menemukan harga,anda dapat meminta pendapat lain mengenai rumah yang diinginkan seperti malalui agen properti, sahabat, orangtua , atau propesional yang terkait.

d. Menengenali kebutuhan 

Kebutuhan biasanya disesuaikan dengan besar kecilnya rumah, luas tanah dan luas bangunan, jumlah kamar tidur, gaya arsitektur dan tata letak interior, serta arah rumah yang anda inginkan.

e. Menetapkan anggaran dana
Berapa harga yang tepat untuk anda? sebaiknya anda menyesuaikan dengan keadaan keuangan anda dalam membeli rumah.
  
f. Menghubungi pihak notaris /PPAT
Untuk menjaga keamanan dalam proses jual beli rumah karena masalah hukum dalam proses jual beli ini lumayan kompleks dan memerlukan kepastian hukum, sebaiknya anda menggunakan jasa notaris.

g. Mempelajari Sitem Pembayaran

Dalam hal ini anda perlu mengatur sistem pembayaran atas transaksi yang akan dilaksanakan. 
Akan lebih baik jika sistem pembayaran tersebut mudah dan tidak menimbulkan resiko kejahatan bagi kedua belah pihak. Misalnya pembayaran melalui pembayaran melalui transfer pihak bank. 

TIPS : 

Anda harus lebih mengenal pengembang (developer), dilihat dari track record di proyek terdahulu melaui berita di koran, internet, atau surat pembaca. 
yang paling perlu diingat jangan hanya percaya pada brosur.

Pilihlah developer yang telah bekerja sama dengan pihak bank.
Biasanyabank telah mengevaluasi developer secara keseluruhan seperti status tanah, peruntukan lahan, sertifikat yang dimiliki developer, dan aspek lain seperti fasilitas umum, sosial, dan kondisi lingkungan.

Perhatikan pula isis perjanjian jual beli dengan pihak pengembang waktu serah terima, kualitas bangunan yang digunakan waktu pengalihan hak, uraian objek pengikatan jual beli dan penyelesaian perselisihan.

0 comments:

Post a Comment